PENGONTROLAN SEDERHANA PARALEL PORT MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN DELPHI


PENJELASAN UMUM. Port paralel (bahasa Inggris: Parallel port) adalah salah satu jenis soket pada komputer pribadi untuk berkomunikasi dengan peralatan luar seperti pencetak model lama. Karena itu porta paralel sering juga disebut porta pencetak. Perusahaan yang memperkenalkan porta ini adalah Centronic, maka porta ini juga disebut dengan port Centronics.
Kesederhanaan port ini dari sisi pemrograman dan antarmuka dengan hardware membuat port ini sering digunakan untuk percobaan-percobaan sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.
Dimana porta adalah alamat dari porta dan nilai kembalian adalah nilai dari register data pada porta paralel. Perintah Inp32 dan Out32  pada pemrograman Delphi mempuyai fungsi yang sama, perbedaannya hanyalah type dari nilai kembalian. Perintah-perintah di atas tidak berlaku untuk Windows NT/2000 atau XP karena di kedua sistem operasi tersebut tidak diperbolehkan akses langsung hardware. Hal ini dikarenakan untuk perlindungan terhadap pemakaian suatu hardware oleh beberapa software secara bersamaan. Untuk mengatasinya dibutuhkan file Inpout32.dll yang baru, yang telah dimodifikasi supaya dapat mengakses hardware. Pustaka Inpout32.dll menggunakan driver standar yang diatur oleh Windows untuk mengakses hardware, jadi keamanan pemakaian hardware oleh software menjadi lebih terjamin.

PEMBUATAN ALAT. Bahan Paraler Port
 Gambar PCB
Gambar Skematik
Gambar Alat


Pada gambar DB 25 tersbut, anda melihat beberapa pin paralel port tidak terpakai, hal demikian dilakukan sesuai dengan kebutuhan­­. Anda dapat melihat tabel DB25 dibawah ini, agar dipahami Fungsi 25 pin dari DB25 paralel port :
 Gambar Fungsi Pin DB25
 
PEMROGRAMAN. Sebelum kita memulai membuat program pengontrolan alat melalu parelel port dengan Delphi, maka ada 2 hal yang pertama perlu kita lakukan :
  1. Memasukkan file Inpout32.dll kedalam C:\Windows\system. Kalau anda belum mempunyai file tersebut anda bias mendownloadnya melalui link ini : http://www.ziddu.com/download/18730531/INPOUT32.rar.html
  2. Kita perlu mengetahui alamat dari parallel port pada komputer yang kita gunakan. Informasi alamat parallel port dapat kita ketahui melalui Bios. Seperti gambar di bawah ini, sebuah komputer mempunyai alamat parallel port 378.
     Komponen Delphi yg butuhkan : 
     Berikut adalah gambar Program :
    Mari kita mulai membuat programnya., pertama kita perlu menambahkan function, agar dapat mengakses file Inpout32.dll yang merupakan file pendukung untuk terhubung ke parallel port. Berikut ini listingnya :
      end;
    function Inp32(Add :word):Byte; stdcall; external 'inpout32.dll';
    function Out32(Add :word ;Data:Byte):Byte ; stdcall;  external 'inpout32.dll';
    var
      Form1: TForm1;
    implementation
    Berikut adalah listing untuk menyalakan Lampu 1, dalam hal ini memberi tegangan pada port 1, menggunakan SpeedButton1 :
     Procedure TForm1.SpeedButton1Click(Sender: TObject);
    var tmp :byte;
    begin
      tmp:=Inp32($378);
      Out32($378,tmp or $1);
      SpeedButton1.Visible:=False;
     SpeedButton2.Visible:=True;
    end;
    Berikut adalah listing untuk mematikan Lampu 1, dalam hal ini tidak memberi tegangan pada port 1. Menggunakan SpeedButton2:
    Procedure TForm1.SpeedButton2Click(Sender: TObject);
    var tmp :byte;
    begin
    tmp:=Inp32($378);
    Out32($378,tmp and $fe);
    SpeedButton2.Visible:=False;
    SpeedButton1.Visible:=True;
    end;
    Untuk listing selanjutnya silahkan anda lanjutkan untuk menhidupkan dan mematikan lampu ke 1  sampai ke 8, tinggal anda merubah nilai tulisan berwarna merah diatas berdasarkan table berikut :
    Sekian dulu materi pengontrolan sederhana paralel port menggunakan pemrograman Delphi. Jika anda mendapat kendala mengenai materi ini baik dari hardware dan software, Silahkan hubungi penulis.

    PUSTAKA
    artikel non-personal, 25 Februari 2012, Porta paralel, Wikipedia Bahasa Indonesia, http://id.wikipedia.org/wiki/Porta_paralel, diakses 28 Februari 2012.

     
    Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kekuatan, kesabaran serta kesehatan dan pengetahuan kepada penulis serta Terima kasih penulis ucapkan kapada Tenaga Pengajar / Dosen dan Sahabatku yang telah memberikan bimbingan, :
    1. Risal S.Kom, M.T (Dosen Pemrograman Jaringan Komputer)
    2. Agus Amri / Agam
    3. Adiyatma
    4. Anak Sistem Komputer Angkatan 2008

      Penulis : ANDY LUKMAN AFFANDY ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

      Artikel PENGONTROLAN SEDERHANA PARALEL PORT MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN DELPHI ini dipublish oleh ANDY LUKMAN AFFANDY pada hari Rabu, Februari 29, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan PENGONTROLAN SEDERHANA PARALEL PORT MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN DELPHI
       

      0 komentar:

      Posting Komentar